Penawaran Surga dari Okinawa


                                                                        Okinawa
Hibari Ohara
     Negeri yang semakin banyak mendapat tempat di hati orang-orang. Negeri yang setiap tahunnya menggelar rasa rindu pada keinginan di hati orang-orang. Negeri yang tidak pernah kehilangan kemampuannya untuk menyampaikan hangatnya musim gugur ditemani udara hangat dan daun momiji berwarna merah kecoklatan, cantiknya warna sakura disetiap pucuk pohon, indahnya selimut tebal salju dimana-mana, hingga teriknya sang matahari menyilaukan gelombang ombak pantai yang pasirnya berkilauan. Apalagi jika bukan Jepang.
     Penawaran yang membuat hati bergetar untuk selalu ingin mencapai negeri matahari terbit itu selalu saja mendapat rating di atas. Banyak sekali tempat tujuan yang beda dan menyenangkan dengan hanya dilihat dari sebuah foto di pamflet. Dan untuk keinginan yang ingin sekali aku persembahkan pada kalian adalah tentang segala keajaiban di Pulau Okinawa. Bagaimana tidak, di Okinawa menawarkan pemandangan yang membuatmu seperti di rumah sendiri. Dengan penduduk yang ramah dan bahasa-budaya yang berbeda seperti apa yang digunakan di Jepang sendiri, pulau kecil berkilauan itu sangat menawan. Letaknya..
     Bukankah liburan adalah kebutuhan mutlak untuk semua manusia di muka bumi?. Tempat yang satu ini tidak menawarkan apapun yang memberatkan, hanya saja Okinawa menawarkan sebuah keajaiban. Inilah beberapa tempat wisata yang bisa mempertebal kalimat “keajaiban” ku sebelumnya,

1.   Okinawa Zoo & Museum
Okinawa Zoo & Museum


        Terletak di Japan Okinawa Okinawa City Goya 5-7-1. Kebun binatang dan musem Okinawa memiliki tiga fasilitas, diantaranya “Nature land", "Wonder museum", and "Child lenses center". Nature Land menawarkan pengetahuan tentang 130 jenis hewan. Wonder Museum memiliki pameran dan workshop dari seniman internasional. Child Lensen Center adalah tempat kegiatan relawan. sedang ada pula IT Lab dimana di ruangan tersebut sudah ada 60 komputer yang bisa menampilkan gambar juga musik. Tempat destinasi wisata ini dibuka dengan jadwal berbeda tiap musimnya. Biaya untuk masuk juga berbeda menurut tingkat umur, dan gratis bagi bayi yang berumur dibawah 3 tahun. disediakan juga berbagai menu kendaraan seperti, mobil mini, kereta mini, sampai perahu. Akses untuk mencapainya mulai dari Naha Airport dengan mobil sekitar 50 menit, atau lewat jalan bebas hambatan hanya 20 menit. Atau juga dengan menaiki transportasi umum seperti bis Naha dengan waktu 1 jam.

2.   Ashibiuna
Ashibiuna
“Ashibiuna” berarti “datang dan bermain di halaman saya”, dinamakan dengan sepenuh hati oleh masyarakat Okinawa sebagai lambing penyambutan. Tempat ini digunakan untuk rumah tinggal Sanshikan (Misato istana reruntuhan abad 17) yang eksklusif. Kita akan dimanjakan dengan pemandangan rumah dengan warna tanah merah dan kebun-kebun di empat musim sekaligus. Terletak di Japan Okinawa Naha City Shurito-nokuracho 2-13. Bisa di akses dengan jalan kaki sekitar 15 menit dari Shuri Station.

3.   Mori No Bouken (Forest Adventure)
Mori No Bouken
Ini adalah petualangan hutan terkenal yang sama di Eropa, memungkinkan kita berayun dari pohon ke pohon menggunakan tali, berjalan di langit melihat bawah laut Asia Timur dari ketinggian 30 meter . akan ada 33 kegiatan yang menantang keberanian nyali dan memberikan rasa debar yang tidak terlupakan. Coba bayangkan betapa hebatnya kita bisa berpindah dari satu pohon ke pohon lain dengan gugup luar biasa sebagai seorang petualang pemula. Itu seolah menjadi prestasi yang begitu hebat. Tempat ini termasuk dalam 4 tertua olahraga petualangan besar di Jepang. Alamatnya di Japan Okinawa Onna Village Maeda 1525. Buka sepanjang tahun dengan biaya menurut umur. Akan ada biaya penggunaan, asuransi, perlengkapan keselamatan, helm, dan pajak yang disertakan. Untuk pengunjung lebih dari 3 orang (dewasa dan anak-anak) dapat menggunakan diskon keluarga. Akses perjalanan untuk mencapainya dari Naha dengan mobil sekitar 70 menit, atau Okinawa Expressway dari Ishikawa sekitar 20 menit.

4.      Lembah Gangala 
Sebuah perjalanan untuk mempelajari akar Jepang. Berjalan di sekitar hutan selatan dan gua daratan Okinawa, "Valley of Gangala" adalah tempat di mana kita bisa merasakan waktu yang lama. Jelajahi alam dengan panduan staf khusus, "Ufushu Gajumaru" tumbuh di dalam lengkungan batu alam, dan batu kapur gua yang orang-orang kuno menggunakannya untuk bertahan hidup. Menghabiskan waktu bersantai di gua alami "Gua café" secara gratis. Letaknya di Japan Okinawa Nanjo City Tamagusuku Maegawa 202. Biaya dewasa dan anak-anak akan dibedakan, sedang anak di bawah Sekolah Dasar didampingi oleh orang tua. Akan ada satu instruktur yang menemani beberapa orang saja, karena diperlukan waktu sekitar 80 menit untuk bisa menunjukkan pemandangan sekitar lembah. Akses mencapai Valley of Gangala ini adalah dari Naha dengan mobil sekitar 30 menit.

5.   DORD Okinawa
Disinilah tempatnya untuk mendapatkan pengalaman menyelam, diving, dan kursus lisensi yang hanya memakan waktu 2 setengah hari. Staf yang disediakan adalah staf yang sudah terlatih dan professional. Kita akan di pandu menyelam melalui desa Onna untuk bisa melihat makhluk laut yang kecil-kecil. Letak DORD Okinawa adalah di Japan Okinawa Onna Village Seragaki 1785-1. Buka di sepanjang tahun.

6.   The Atta Terrace Golf Resort
Memiliki keindahan laut biru, dan panorama dinamis samudra china timur. Bayangkan rasa nyaman dan bebasnya bermain golf dengan suguhan sekeliling yang sangat indah. Kita tidak akan tahu jika belum pernah mencoba. Terletak di Japan Okinawa Onna Village Afuso 1079. Buka sepanjang tahun dengan akses kendaraan dari Naha Airport dengan mobil atau taksi memakan waktu sekiranya 75 menit.

7.      Diving KIDS
Sebuah pelayanan penuh untuk yang ingin belajar menyelam. Disediakan pula instruktur yang mampu membantu penyelam cacat fisik. Menyelam akan lebih menyenangkan, akan ada makan siang lezat,dan Jacuzzi menyenangkan. Semua nya ada dibawah pengalaman para instruktur berpengalaman dan yang sangat mengetahui tentang Miyako Island. Panduannya sudah mendapat lisensi dari The Japan Association for Disable Diving. Peralatannya pun sudah ada dan lengkap disediakan. Terletak di Japan Okinawa Miyakojima City Hirara Shimozato 397-5. Akses dari Miyako Airport dengan menggunakan mobil menempuh waktu sekitar 10 menit.

            Prefektur yang terletak di paling selatan Jepang, memiliki budaya dan sejarah kuliner yang unik dan jarang kita temui dimanapun. Kepulauan Okinawa yang pada awalnya adalah sebuah kawasan negara merdeka  dan disebut sebagai kerajaan Ryukyu yang memerintah sejak abad ke 15 hingga abad ke 19. Merupakan pusat perdagangan penting dengan Korea, China dan Asia Tenggara. Keahlian mengolah masakan memberikan pengaruh pada perkembangan kuliner khas dari Okinawa. Salah satunya adalah sajian kuliner masyarakat Okinawa, dengan olahan daging babi yang dipengaruhi gaya masakan asal China. Dashi (sup khas asal jepang) yang terbuat dari rumput laut dan taburan ikan Bonito (sejenis ikan sarden) merupakan sajian utama masyarakat Okinawa. Sulit untuk menemukan kuliner khas Okinawa, akan tetapi cita rasa yang menarik dan ditemani dengan segelas Awamori (minuman keras khas Okinawa). Dan inilah beberapa kuliner khas tersebut,
  1. Awamori
    Awamori
  2. Goya Chanpuru
    Goya Chanpuru
         Chanpuru adalah masakan Okinawa berupa tumis sayur-sayuran dengan telur ayam, tahu, atau sering ditambah daging babi kaleng. Bumbu berupa garam dapur, kecap asin, dan sedikit merica. Salah satu jenis masakan chanpurū yang paling dikenal adalah goya chanpuru (orak-arik peria). Dalam bahasa Ryukyu, "chanpuru" berarti "campur aduk".Orang Okinawa sangat bangga dengan budaya Ryukyu yang campur-aduk dengan kebudayaan asing dari Asia Tenggara, Cina, dan Amerika. Budaya Okinawa disebut orang Okinawa sebagai budaya chanpurū (chanpurū bunka). Terdiri dari beberapa bahan makanan, tetapi yang paling dikenal adalah pare dengan permukaan yang kasar dan rasa yang pahit disajikan bersama tofu (tahu khas asal Jepang-ed), daging babi dan telur. Banyak mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat pada musim panas dimana udara sedikit terasa lembab. Masyarakat Okinawa juga menyajikan masakan dengan berbagai cara. Seperti tempura goreng yang diiris tipis dan disajikan dengan salad dan acar sebagai lauknya.
  1. Okinawa Mie Soba
    Okinawa Soba
          Meski tidak jauh berbeda dengan mie soba tradisional Jepang dengan kuah kaldu taburan ikan bonito dan rumput laut, Okinawa mie soba sedikit lebih kenyal. Biasanya soki (daging babi bagian iga yang masih terdapat tulang muda dan diolah dengan cara direbus dan menjadi sajian khas Okinawa) merupakan topping paling banyak digemari. Iga yang ditumis dengan kecap, gula dan awamori hingga meresap kedalam tulang. Disajikan dengan hiasan acar jahe, daun bawang dan beberapa tetes awamori untuk menambah rasa pedas.
  1. Nasi Taco
    Tako Ritsu
          Wisatawan sering dibuat bingung dengan sajian perpaduan antara olahan masakan khas Jepang yang  dipengaruhi budaya Amerika Serikat. Semangkuk nasi yang diatasnya ditaburi daging giling, keju dan saus salsa. Nasi Taco mungkin adalah kontribusi militer Amerika Serikat pada perkembangan kuliner Okinawa.
  1. Umi Budo
    Umi Budo
Seperti namanya, Umi Budo (yang artinya anggur laut) sejenis rumput laut yang halus dengan bentuk menyerupai kumpulan buah anggur. Teksturnya yang mengagumkan cocok disajikan dengan saus ponzu (saus yang berbahan dasar jeruk nipis) rasanya seperti kaviar.
  1. Sukugarasu
    Sukugarasu
          Sajian yang terdiri dari tofu dan diatasnya diberi ikan asin kecil. Sajian klasik khas Okinawa ini cocok sebagai pelengkap minum sake atau awamori. Dalam tiap gigitan rasa dari ikan asin akan melengkapi kelembutan rasa tofu.
  1. Sunui Tempura
    Sunui Tempura
       Masyarakat Okinawa dengan sepenuh hati mengolah bahan masakan khas Jepang seperti ubi jalar ungu, goya udang, terong dan jamur yang banyak disajikan di restoran Jepang pada umumnya. Salah satu yang menjadi favorit dalah Sunui Tempura yang terbuat dari rumput laut coklat yang biasa disebut mozuku.
Tofuyo-tofu
  1. Jika pernah menjumpai tofu dengan bau menyengat di pasar malam di Taiwan, dan belum terbiasa dengan baunya. Di Okinawa kita akan menyukai Tofuyo – tofu yang difermentasi. Tidak terlalu bau seperti tofu khas Taiwan, dengan rasa manis dan sedikit asin dibagian atas serta tekstur yang creamy, Tofuyo disajikan dalam bentuk persegi 2cm dan dengan tusuk gigi sebagai teman minum awamori./hibariohara/
       Tidak perlu risau untuk yang sudah ingin sekali terbang ke Okinawa dan membuktikan semua yang ada di atas, telah ada persembahan menarik untuk kita semua yang ingin ke Jepang dengan pelayanan keren dan harga yang lebih keren murahnya. HIS menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata. HAnavi adalah kolaborasi antara HIS dengan ANA (All Nippon Airways yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang murah untuk bisa berangkat dari Tokyo atau dari Osaka./hibariohara/

Previous
Next Post »