PPL UNNES – SMA 5 SEMARANG 2017



UNNES-SMALA SQUAD 2017

Pose yg paling aku suka "menatap masa depan"

            24 Juli 2017, rombongan tim PPL UNNES beramai-ramai naik motor menuju SMA 5 Semarang (SMALA). Setelah terik  upacara penuh sesak di lapangan Rektorat Unnes sebelumnya, kami langsung menemui Wakil Dekan I (Prof. Edy Santoso) selaku koordinator dosen pembimbing kami selama di SMALA nantinya. Deg-deg an itu pasti, tapi ku ingat kembali bahwa semua ini adalah jalan yang tetap akan dilewati seluruh sarjana pendidikan sepertiku.
Awal penerjunan, Awal perjalanan baru


Masih canggung :p
            Bertemu dengan Waka Kurikulum SMALA saat itu (Bp. Bambang), disambut dengan hangat dan penuh senyum. Beberapa hari kedepan, aku dan dua rekanku yang lain (Dilla dan Novita) yang juga akan mengajar mapel bahasa Jepang di SMALA, sibuk dengan observasi kelas bersama dengan gumong masing-masing. Saat itu juga aku sempat excited sekaligus happy shock karena kemungkinan besar aku akan ditempatkan di salah satu kelas dengan siswa hiperaktif XI IPS. Tapi sungguh di akhir nanti, kalian tidak akan percaya bahwa, kenangan terindahku adalah selama ada di kelas mereka. Banyak keraguan muncul bisa menguasai siswa-siswa seperti mereka, banyak sekali bayangan gagal di benakku, banyak sekali rasa takut yang setiap hari membesar setiap kali lewat di depan kelas itu. Tapi, semua itu tak sempat aku ceritakan dengan detail disini kenapa kelas itu menjadi satu-satunya kelas terhebat di kedua mataku. Ada PR besar harus bisa mengubah suasana kelas. Semangat belajar ada, tapi keadaan kelas tidak bisa di ajak tenang. Handphone, headset, dan keripik bumbu pedas menghiasi setiap meja di ruang kelas istimewa itu.

Explore lorong di SMALA

Koordinator Dosbing kami dengan Waka Kurikulum SMALA
            Banyak yang gokil, banyak yang lucu, banyak yang menggemaskan dan membuat haru. Aku juga  mendapat kesempatan untuk mengampu mapel bahasa Jepang di kelas XII IPA 1 sampai 5 (terima kasih my beloved gumong Tri Sensei sudah memberikan kesempatan berharga bagiku untuk mencicipi kelas XII).
            9 Juli 2017, Nihongo Partner datang di SMALA. Kosuge Rio Sensei, dengan senyum menawannya hadir di upacara hari senin. Tentu saja, aku sangat tidak sabar bisa berbincang dengan beliau. Aku juga sempat hadir di JCC (Japanese Conversation Club) SMALA untuk pertama kalinya. Rasanya seperti flashback ketika diri sendiri pertama kali di ASAHI (Apresiasi Himpunan Mahasiswa Bahasa Jepang) Unnes dulu.
            

 
Senseiii..mari mengajii (XII IPA1)


一番スペシャルクラス (Pose normal XI IPS2)

一番スペシャルクラス (Pose suka suka XI IPS2)

Kelas Kompak (XII IPA4)

Pose wajib XII IPA4

Pose wajib 2 XII IPA4

 
Salah satu kelakuan XII IPA1


Tiskaaa ^_^

Debat Bhs Indo, LCC Bhs Jepang, Ketua Kelas Hebat, pinterr semuaa

Dengan motivator kebanggaan dan nama beken yang mirip aku :v (Ratno Ohara)

Dengan Ibu Titi (Kepsek SMALA yang punya sejuta prestasi)

Yang paling bikin kangen (Paskal dan Dion)
Dua orang yang selalu kemana mana bersama. Dua orang yang setia belajar bahasa Jepang, padahal sudah tidak menjadi bagian mapel dikelasnya. Dua orang yang menggerakkan teman-temannya di JCC. Dua orang ini yang aktif lomba ke-Jepang-an dengan persiapan segala sesuatunya dengan sendirinya. Bolehkah aku sebut nama kalian disini? hehe (Paskal dan Dion). Dewasa nanti, jangan menyerah untuk belajar bahasa jepang ya! Sungguh, sensei salut dengan kalian berdua. Jangan kemaleman pulang rumah ya. Kapan-kapan kita hangout makan roti bakar bareng ya. Kalau sensei sudah punya buku sejarah Jepang lagi, pasti sensei kabar-kabar kalian. Jangan sedih untuk berjuang belajar, capek ya…tapi memang seperti itu.

 
Dua sensei bersama pakar biologi dan ahli konseling UPGRIS


Saat saat terakhir PPL UPGRIS di SMALA saat itu

 

Hadiah dari PPL SMALA 2017


 
Sempat explore semarang dengan Nihongo Partner SMALA




Merah Cantik

Jundi - Rio Sensei - Dilla

Sam Poo Kong memang megah

Yang sering ngajakin foto dengan efek efek unyu (Dilla)

Sesaat setelah Rio Sensei menyanyikan Kokoro no tomo di acara sekolah

 
Sempat explore Kampung Pelangi Semarang
            Teman-temanku tim PPL yang sama-sama di SMALA, kuucapkan banyak terima kasih atas jibaku dan kerja keras selama ini. Terima kasih kejutannya. Terima kasih perlakuan tegarnya. Terima kasih sudah mau berjuang hingga garis finish ini. Aku tidak pernah berfikir akan mencintai apa yang kulakukan selama PPL, tapi nyatanya aku semakin ingin kembali ke SMALA dan bertemu dengan mereka yang semangat belajarnya bisa menghilangkan rasa haus dan lapar kita selama mengajar. Rindu ke kantin bareng kalian lagi, rindu dengerin lagu bareng lagi, rindu nungguin hujan reda bareng lagi, rindu curhat kesana-kesini setelah penat ngajar seharian. Good luck friends! Be a good teacher wherever u are, and whoever u’r teach there. Please, knowledge need a patient and love. Be careful and be the best teacher for yourself and your students.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Hanif
AUTHOR
January 9, 2018 at 3:52 AM delete

fotonya gakw terduga 😂

Reply
avatar
Jun
AUTHOR
February 18, 2018 at 6:07 AM delete

=D wkwk...sumimasen senpai, saya ingin menghadirkan realita yang ada hehe

Reply
avatar